7 Langkah Cerdas Membeli Perumahan yang Layak Huni dan Bernilai Investasi

Seiring dengan berjalannya waktu, permintaan akan hunian yang nyaman dan aman terus meningkat dengan tajam. Melihat prospek yang menjanjikan ini, beberapa pengembang bidang properti akhirnya mengembangkan perumahan atau cluster yang bisa dipilih sebagai solusi perumahan. Pembeli rumah tidak perlu lagi kebingungan mencari tanah karena mereka bisa menerima bangunan yang langsung jadi dan siap huni.

Kemudahan yang diberikan oleh pengembang membuat banyak orang jadi kepincut dan membelinya tanpa mempertimbangkan banyak hal. Padahal sebelum membeli properti seperti perumahan, seseorang harus mengetahui banyak hal agar tidak kecewa atau merasa dirugikan oleh pengembang. Berikut tujuh cara cerdas yang bisa digunakan sebelum memilih perumahan yang benar-benar tepat.

Langkah Cerdas Membeli Perumahan yang Layak Huni dan Bernilai Investasi

1. Mengumpulkan Banyak Brosur dan Survei

Sebelum membeli perumahan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, Anda harus mengumpulkan banyak brosur. Tujuan mengumpulkan brosur adalah untuk membandingkan harga, ukuran, dan fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang satu dengan lainnya. Anda bisa mengetahui mana saja yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan yang dimiliki.

Selain digunakan untuk membandingkan antar perumahan, guna dari pengumpulan brosur ini adalah untuk survei. Anda bisa mendatangi satu per satu perumahan yang sedang dibangun atau sudah selesai dibangun. Dengan mengunjungi perumahan itu, Anda akan mendapatkan bentuk visual dari bangunan sehingga pertimbangan yang lebih matang bisa dilakukan.

Setelah melakukan survei, Anda bisa datang ke kantor dari pengembang. Tanyakan banyak hal yang masih mengganjal di pikiran Anda. Sesuaikan lagi harga yang ada di brosur dengan harga yang terbaru. Bisa saja harga dan ukuran rumah yang ada di brosur tidak sesuai dengan kenyataan.

2. Melakukan Survei Lokasi Perumahan Lebih Detail

Pada poin pertama kita sudah sedikit membahas tentang survei lokasi dari perumahan. Namun survei lokasi hanya pada perumahan dan isinya. Padahal survei lokasi dan fasilitas sekitarnya juga sangat penting untuk menjadi pertimbangan sebelum membeli perumahan. Saat melakukan survei lokasi, perhatikan apakah perumahan jauh dari jalan utama atau pun tidak. Jika terlalu jauh, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu.

Lakukan survei tentang angkutan umum yang ada. Apakah ada angkutan umum yang melewati sekitar perumahan atau tidak. Terakhir dan yang paling penting, lihat apakah di sekitar perumahan memiliki banyak fasilitas umum seperti pasar, sekolah, kantor pemerintahan, dsb. Jika hal-hal yang telah disebutkan itu ada, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak membeli rumah di perumahan itu.

3. Memperhatikan Fasilitas yang Diberikan Perumahan

Fasilitas yang diberikan oleh pengembang bisa berupa taman, tempat bermain, hingga mungkin tempat ibadah. Hal-hal semacam ini harus diperhatikan agar Anda tidak merasa bosan di dalam perumahan. Dengan ada taman atau taman bermain, Anda bisa melakukan kegiatan luar ruangan entah untuk berolahraga atau sekadar menikmati udara segar.

Fasilitas selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah adanya gerbang dan pengamanan di bagian depan. Jangan memilih perumahan yang memiliki banyak pintu masuk. Pilihlah perumahan dengan sistem satu pintu dan fasilitas keamanannya sangat terjamin. Misal penjagaan 24 jam dan juga patroli rutin yang dilakukan oleh pihak keamanan.

4. Mempertimbangkan Tema dari Perumahan yang Dipilih

Sebelum memilih perumahan yang sesuai, ada baiknya Anda mengetahui konsep dari perumahan tersebut. Ada perumahan yang memiliki konsep bisnis, konsep hijau, dan konsep-konsep unik lainnya. Jika Anda menyukai konsep hijau, maka pilihlah perumahan yang memiliki banyak lahan hijau yang siap menyambut Anda dengan kesegaran udaranya.

Jangan memilih tema perumahan yang tidak sesuai dengan keinginan. Meski harganya cukup murah, Anda jangan memaksakan untuk membeli, karena kalau tidak betah Anda juga yang rugi. Anda harus memilih antara menyesuaikan diri dengan perumahan yang ada atau memilih perumahan yang sesuai dengan keinginan agar tidak menyesal.

5. Memilih Perumahan dengan Pengembang yang Terbaik

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau salah satu alasan memilih perumahan adalah pengembang yang sudah kredibel. Pengembang yang kredibel tidak akan memberikan janji palsu kepada calon pembelinya. Misal menjanjikan bangunan dengan model tertentu namun saat realisasi akan berbeda. Pengembang yang baik juga akan memberikan harga yang sesuai dan memberi servis tambahan setelah pembelian. Mereka tidak lepas tangan dari apa yang mereka jual setelah semua unitnya terjual.

6. Memilih Lokasi Tidak Rawan Bencana

Bencana yang dimaksudkan adalah banjir dan longsor. Jangan memilih perumahan yang lokasinya dekat dengan bukit atau tebing yang berbahaya saat hujan. Selain itu, jangan memilih perumahan yang berpotensi terkena banjir. Usahakan memiliki perumahan yang sistem drainasenya bagus sehingga saat hujan terjadi, air bisa disalurkan ke gorong-gorong.

7. Mencari yang Bisa Bekerja Sama dengan KPR

Pilih perumahan yang bisa bekerja sama dengan KPR. Tidak semua orang bisa beli perumahan dengan tunai. Jadi kalau mereka bisa bekerja sama dengan KPR dari banyak bank, segera ambil. Anda bisa membayar cicilannya setiap bulan hingga akhirnya semua tanggungan terlunasi beserta bunganya.

Inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan sebelum membeli perumahan. Semoga bisa dijadikan referensi tambahan sebelum memilih perumahan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *