Tips Jitu Mendapatkan Perumahan Murah Bersubsidi

Siapa yang tidak ingin mendapatkan perumahan murah bersubsidi? Tentunya banyak orang yang tengah mencari-cari informasi berita properti untuk mendapatkannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengikuti promosi Kredit Pemilikan Rumah atau yang sering disebut dengan KPR bersubsidi yang memang membuat banyak orang tergiur.

Tips Jitu Mendapatkan Perumahan Murah Bersubsidi

KPR bersubsidi ini adalah salah satu program yang saat ini memang digalakkan oleh pemerintah Jokowi yang dalam hal ini melalui Kemenpera atau Kementerian Perumahan Rakyat. KPR bersubsidi ini juga kemudian dikenal dengan sebutan lain yaitu KPR sejahtera FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan).

Dimana kredit perumahan itu sendiri adalah benar-benar diperuntukkan untuk keluarga-keluarga yang benar-benar memiliki tingkat ekonomi yang berada di kategori menengah ke bawah, tentunya yang memang belum punya rumah.

Adapun syarat dari KPR sejahtera FLPP itu sendiri pada umumnya adalah berpenghasilan tetap tiap bulan, belum pernah memiliki rumah, dan tak pernah memiliki rumah yang berasal dari program subsidi pemerintah dalam hal ini Kemenpera.

Selain syarat tersebut, pihak yang ingin mendapatkan rumah juga harus mengumpulkan beberapa dokumen lain data diri seperti NPWP, bukti pembayaran pajak dalam hal ini bukti SPT dan PPh.

Dimana jika persyaratan tersebut telah anda penuhi maka langkah selanjutnya adalah anda tinggal menentukan lahan, serta rumah yang akan nantinya anda tinggali.

Langkah selanjutnya tentu anda akan berurusan dengan pihak pengembang rumah yang menyediakan perumahan murah bersubsidi untuk dapat mengetahui berbagai informasi mengenai tipe rumah yang masuk dalam kriteria bersubsidi. Diutamakan agar memilih rumah yang memiliki lokasi yang strategis yakni dekat dengan jalan umum dan tidak terisolir.

Pertimbangan mengenai harga juga sangat dibutuhkan. Jangan sampai anda membeli rumah yang harganya melebihi dari harga subsidi yang ditawarkan oleh pemerintah. Kemudian setelah menemukan rumah idaman dengan pihak pengembang, langkah selanjutnya anda tentu harus pula menghitung besaran angsuran yang anda akan bayarkan kepada pihak bank setiap bulannya.

Dimana pertimbangannya adalah sisi finansial anda apakah akan mampu dengan besaran angsuran yang anda ingin bayarkan tersebut nantinya. Setelah itu barulah anda mendatangi pihak bank dan melakukan akad dengan terlebih dahulu membayar uang muka kepada pihak bank penyedia jasa KPR yang memang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Jika nantinya pihak bank penyedia KPR menyetujui permintaan anda untuk melakukan kredit KPR anda tentunya harus benar-benar bisa dipercaya. Dimana jangan sampai anda telat dalam melakukan pembayaran bulanan rumah anda. Hal ini akan membuat pihak bank kemudian mempercayai anda dan tentunya juga akan melengkapi berbagai fasilitas rumha yang anda inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *