7 Tempat Wisata Seru dan Asyik di Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Tidak heran kalau orang yang menjadikan Surabaya sebagai alternatif kota perantauan setelah Jakarta. Ditambah lagi, Surabaya juga relatif lebih nyaman sebagai kota tempat tinggal dibandingkan Jakarta.

Ada banyak faktor yang membuat para penghuni Surabaya betah berlama-lama di kota yang terkenal panas ini. Bahkan, tidak sedikit perantau yang akhirnya memilih untuk membeli rumah murah Surabaya dan menetap di sana.

Salah satu alasan yang membuat para perantau tersebut memilih tinggal, bahkan sampai berburu properti untuk selanjutnya dijadikan sebagai tempat usaha, adalah keberadaan tempat wisata menarik.

Penasaran dengan tempat wisata menarik di Surabaya? Berikut ini adalah tujuh tempat yang kerap menjadi lokasi liburan saat akhir pekan dan momen liburan warga Surabaya dan sekitarnya:

1. Surabaya Heritage Track

Surabaya Heritage Track

Menjelajahi tempat-tempat bersejarah di Kota Surabaya secara gratis. Itulah yang bisa dilakukan saat turut serta dalam aktivitas Surabaya Heritage Track (SHT).

Di sini, para pengunjung akan diajak untuk menelusuri berbagai tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi, mulai dari Tugu Pahlawan, Gedung PTPN XI, Balai Pemuda, Kampung Kraton, hingga Museum de Javasche Bank.

2. Wisata Mangrove Wonorejo

Wisata Mangrove Wonorejo

Di tengah panasnya Kota Surabaya, Anda juga dapat memilih untuk berteduh di kerimbunan pohon bakau yang ada di Wisata Mangrove Wonorejo. Keindahan hutan bakau yang ada di Wonorejo ini tidak kalah jika dibandingkan dengan Wisata Alam Pantai Indah Kapuk di Jakarta ataupun hutan bakau di Nusa Lembongan Bali.

Pada akhir pekan, Wisata Mangrove Wonorejo ini selalu ramai oleh para pengunjung. Mereka yang datang ke tempat ini beragam. Mulai dari para kawula muda hingga mereka yang sudah berkeluarga. Aktivitas yang dapat dilakukan juga bervariasi. Bisa sekadar berfoto, berkeliling naik perahu, atau mempelajari informasi tentang satwa yang hidup di area hutan ini.

3. Hutan Bambu dan Taman Sakura

Hutan Bambu dan Taman Sakura

Hutan Bambu dan Taman Sakura yang ada di Keputih, Sukolilo menjadi objek wisata baru yang tengah populer di Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya berhasil mengubah tempat yang dulunya dikenal sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tersebut menjadi lokasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Mayoritas adalah para kawula muda.

Tempat ini memang menyuguhkan suasana yang berbeda. Berada di Hutan Bambu, Anda akan merasakan suasana seperti di Hutan Bambu Sagano Jepang. Sementara itu, Taman Sakura menyuguhkan hamparan bunga warna-warni. Keduanya, Hutan Bambu dan Taman Sakura, menjadi tempat favorit bagi para pencinta foto selfie.

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Di era kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini, Taman Bungkul yang dulunya merupakan ajang mesum berubah menjadi tempat wisata favorit. Hampir setiap hari, Taman Bungkul diramaikan oleh kawula muda Surabaya. Jauh dari kesan mesum. Terlebih, terdapat pos polisi yang selalu siaga tidak jauh dari lokasi taman.

Fasilitas yang lengkap membuat para pengunjung betah berlama-lama. Tempat ini dilengkapi dengan akses internet WIFI gratis selama 24 jam, air mancur yang cantik, skateboard track, dan lain-lain. Dengan beragam fasilitas tersebut, tidak heran kalau Taman Bungkul pernah meraih penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia Tenggara di tahun 2013 dari PBB.

5. Jembatan Taman Hiburan Pantai alias Jembatan Surabaya

 Jembatan Taman Hiburan Pantai

Jembatan Surabaya dengan air mancur menarinya menjadi destinasi wisata terbaru yang bisa dinikmati oleh warga Surabaya. Jembatan ini memang tidak sepanjang Jembatan Suramadu. Namun, jembatan ini merupakan jembatan yang megah, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu jembatan terindah di dunia.

Momen yang paling menarik untuk menyaksikan kemegahan Jembatan Surabaya yang ada di kawasan Kenjeran ini adalah pada saat akhir pekan. Pada momen tersebut, para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan air mancur menari yang berhiaskan lampu warna-warni.

6. Jembatan Suramadu

 Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu yang menjadi penghubung antara Kota Surabaya dengan Pulau Madura tidak boleh terlewatkan untuk Anda kunjungi. Jembatan ini dikenal sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, yang pajangnya mencapai 5,438 kilometer. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati pemandangan jembatan ini. Bisa secara langsung menyusurinya, atau menyaksikan kemegahannya di sore hari dari pinggir pantai.

7. Es Krim Zangrandi

 Es Krim Zangrandi

Nah, terakhir dan yang tidak boleh terlewatkan adalah Es Krim Zangrandi. Es krim yang satu ini telah menemani warga Kota Surabaya sejak tahun 1930. Pada saat itu, Kedai Es Krim Zangrandi didirikan oleh seorang berkebangsaan Italia bernama Roberto Zangrandi.

Saat ini, kepemilikan kedai ini memang telah berganti. Namun, nama Zangrandi masih tetap disematkan pada kedai es krim legendaris tersebut. Ditambah lagi, tempat ini juga menyuguhkan suasana klasik kepada para pengunjungnya. Lokasi strategis berada di pusat kota menjadikan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Bagaimana? Kota Surabaya keren, kan? Tidak sulit menemukan ruko atau rumah di Surabaya bagi Anda yang memilih untuk menjadi perantau di kota ini. Buruan, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *